TERNATE HARI INI:

20TH ANNIVERSARY OF THE HILLSBOROUGH

20TH ANNIVERSARY OF THE HILLSBOROUGH
LIVERPOOL, ENGLAND - APRIL 15: The Liverpool Kop End sing 'You'll Never Walk Alone" as red balloons for each of the 96 Hillsborough victims are released during the Hillsborough memorial at Anfield on April 15, 2009, Liverpool, England. Thousands of fans, friends and relatives descended on Liverpool's Anfield Stadium to mark the 20th anniversary of the Hillsborough disaster. A total of 96 Liverpool supporters lost their lives during a crush at an FA Cup semi final against Nottingham Forest at the Hillsborough football ground in Sheffield, South Yorkshire in 1989. (Photo by Christopher Furlong/Getty Images)

Sunday, January 11, 2009

Demo Mahasiswa-Pelajar Ternate Bakar Bendera Israel

TERNATE-Unjuk rasa menentang dan mengecam serangan militer Israel ke Palestina tetap saja berlangsung. Di Ternate, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Teknik Unkhair bersama dengan pelajar OSIS SMU se-kota Ternate, Minggu (11/1/2009) siang, berunjuk rasa dengan membakar bendera Israel.

Meski diguyur hujan deras selama kurang lebih 3 jam, tidak mengendurkan semangat massa yang mengawali unjuk rasanya dengan melakukan long mars berkonvoi di jalan-jalan utama kota Ternate sepanjang jalur jalan Monunuthu, Merdeka, Sultan Khairun, lalu menuju ke jalan Pahlawan Revolusi sambil membawa bendera Palestina dan spanduk-spanduk yang mengecam Israel.

Di jalan tersebut, tepat di depan kantor gubernur dibawah guyuran hujan, massa lalu menggelar orasi yang mengecam serangan serta sikap keras kepala Israel yang tidak mengindahkan resolusi PBB untuk melakukan gencatan senjata.

“Sudah waktunya PBB mengambil sikap dengan menurunkan pasukan perdamaian untuk mengamankan wilayah Palestina dari serangan-serangan Israel. Jika hanya dengan menunggu agar dua pihak mau melakukan gencatan senjata, maka kedamaian di Palestina mustahil akan tercapai,” ujar Kasim, salah seorang orator unjuk rasa itu.

Usai berorasi, massa lalu membakar sejumlah bendera Israel sambil mengutuk negara tersebut. Mereka juga membuka kotak amal yang diperuntukan bagi warga Palestina sambil disodorkan pada para pengendara serta pejalan kaki yang melewati jalan tersebut. (***)