TERNATE HARI INI:

20TH ANNIVERSARY OF THE HILLSBOROUGH

20TH ANNIVERSARY OF THE HILLSBOROUGH
LIVERPOOL, ENGLAND - APRIL 15: The Liverpool Kop End sing 'You'll Never Walk Alone" as red balloons for each of the 96 Hillsborough victims are released during the Hillsborough memorial at Anfield on April 15, 2009, Liverpool, England. Thousands of fans, friends and relatives descended on Liverpool's Anfield Stadium to mark the 20th anniversary of the Hillsborough disaster. A total of 96 Liverpool supporters lost their lives during a crush at an FA Cup semi final against Nottingham Forest at the Hillsborough football ground in Sheffield, South Yorkshire in 1989. (Photo by Christopher Furlong/Getty Images)

Friday, August 22, 2008

Tekad Halbar Jadi Lumbung Pangan Indonesia Timur

JAILOLO-Sebagai daerah yang memiliki luas wilayah hanya 3.042.863 hektare atau 30.421 Km bujursangkar yang sebagian besarnya masih merupakan lahan yang belum digarap, pemerintah kabupaten Halmahera Barat (Halbar) berupaya dengan menargetkan untuk membangun sistem pertanian yang diharapkan dapat menjadi lumbung pangan di Maluku Utara khususnya dan Indonesia Timur secara umum.

Untuk mengejar target tersebut, sejumlah rencana mulai dikembangkan. "Kami targetkan pada akhir 2009 nanti akan terbangun 30 ribu hektar sawah yang diprediksi akan menghasilkan 225 ribu ton padi setiap masa panennya," ujar Bupati Halbar Namto Hui Roba ketika melakukan panen raya perdana padi sawah seluas 20 hektar di desa Toboso, kecamatan Jailolo, Kamis (7/8/2008) siang.

Selain membangun kawasan persawahan yang akan tersebar di beberapa wilayah kabupaten yang menjadi induk Maluku Utara sebelum dimekarkan menjadi propinsi dan terpecah menjadi delapan kabupaten itu, kerja pertama yang akan dilakukan Pemda setempat yakni membangun sistem irigasi yang memadai, penguatan tekni bercocok tanam bagi para petani serta pengembangan teknologi pertanian.

"Ini didukung dengan karakter warga yang memang rata-rata 80 persennya petani termasuk warga transmigran asal pulau jawa yang memang adalah petani sawah di daerah asalnya namun alih profesi karena belum adanya ketersediaan lahan selama ini," tambah Bupati yang didampingi Kadis Pertanian Sayuti Djamaa.

Untuk target awal tahun 2008 ini saja, Halbar menargetkan akan membangun sekitar 10 hektar areal persawahan yang kini mulai sedikit demi sedikit direalisasi. Bahkan, Pemkab Halbar sendiri aku Kadis Pertanian, telah membangun kerjasama dengan pihak IPB Bogor untuk mendapatkan padi dengan varietas terbaik yang tahan terhadap serangan hama yang hasilnya diharapkan bisa maksimal.

"Diharapkan nantinya pada 2010, Halbar sudah bisa menjadi penghasil beras yang bisa dikonsumsi rakyat Maluku Utara termasuk juga di Indonesia Timur," ucap Namto optimis. ***